Membuat game, inilah pengalaman baru saya setelah belajaar di SEAMOLEC. Kami diberikan sedikit pembahasan tentang cara pembuatan game pada aplikasi mobile ( handphone ). Sedikit hal yang saya ingat pada penjelasan materi pembuatan game bahwa untuk membuat game dibutuhkan sebuah logika yang tinggi. Untuk memudahkan membuat sebuah game, kami diberikan sebuah template game. Berikut source dari template dasar tersebut

import javax.microedition.lcdui.game.GameCanvas;

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

/**
 *
 * @author user
 */
public class Game1 extends GameCanvas implements Runnable {

 private Midlet midlet;

 public Game1(Midlet m) {
 super(true);
 this.midlet = m;
 try {
 init();
 } catch (Exception ex) {
 ex.printStackTrace();
 }
 }
 private void init() throws Exception{

 }

 //fungsi untuk memulai game
 private void starGame(){
 new Thread(this).start();
 }

public void run() {

 while (true) {
 //Tuliskan program disini...!

 flushGraphics();
 try {
 Thread.sleep(20);
 } catch (InterruptedException ex) {
 ex.printStackTrace();
 }

 }
 }

}

pada method init, disitulah semua inisialisasi dilakukan, baik inisialisasi splash, sprite, dll. Kemudian dimanakah kita membuat program gamenya ? Tepatnya pada bagian blok while(true), disanalah kita menuliskan algoritma program dari game kita. Template ini nantinya akan memudahkan kita dalam pembuatan game, source code yang kita bangun juga lebih rapi.

Advertisements