Setelah sebulan menjalani perkuliahan di seamolec saya mendapatkan pengetahuan baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya pada saat kuliah di kampus saya yang dahulu. Terus terang saya tidak ada basic di bidang IT, background saya pribadi adalah elektro dan mekatronika. Mungkin bagi saya programming merupakan bidang yang bisa saya kuasai di IT, karena di teknik elektro saya juga pernah diajarkan programming, namun programming di bidang hardware. Pada saat pertama kali perkuliahan dimulai, kami di berikan materi tentang pemograman JAVA. Sebelumnya saya belum pernah mengenal bahasa pemgraman ini, yang saya pernah pelajari dulu adalah C programming.  Setelah beberapa hari belajar pemograman JAVA, akhirnya kami diberikan tugas untuk membuat sebuah project sederhana dengan JAVA. Saya dan teman kelompok mulai mencari ide untuk membuat aplikasi yang ditugaskan. Tiba -tiba muncul di pikiran saya, bagaimana jika kelompok kami membuat aplikasi yang dapat berinteraksi dengan hardware, kelihatannya cukup menarik. Akhirnya kelompok kami sepakat untuk mengembangkan sebuah aplikasi sederhana untuk memonitoring suhu ruangan. Project kami ini mungkin sedikit berbeda dengan kelompok lainnya, project yang kami rancang ini lebih ditekankan pada interfacing dengan perangkat keras ( hardware ). Dengan sebuah mikrokontroler kami mulai merancang bagian hardwarenya. Dengan sedikit pengetahuan saya di bidang elektro akhirnya semua itu bisa terselesaiakan, sekarang tinggal bagaimana menghubungkan aplikasi dengan perangkat keras. Sebelumnya memang saya tidak pernah mengenal JAVA sama sekali, bahkan pemograman desktop pun tidak pernah. Agak sulit memang awalnya, namun hari demi hari semua yang kami rancang menemui titik terang. Kini komunikasi dengan hardware telah berhasil, namun saya ingin menambahkan sedikit variasi dengan menampilkan sebuah grafik yang selalu realtime. Sebenarnya inspirasi ini berawal ketika saya teringat pada saat magang di sebuah perusahaan sewaktu masih sekolah di SMK, setiap hari saya melihat teknisi menulis manual temperature ruangan pada sebuah kertas. Saya berfikir, kenapa tidak membuat aplikasi yang bisa memplot grafik sekalian :D. Alhasil, jadilah project yang kami rencanakan selama ini aplikasi monitoring suhu dengan JAVA. Selama ini saya sangat sedikit menemukan aplikasi interface dengan hardware yang menggunakan bahasa pemograman JAVA. Kebanyakan menggunkana VB dan DELPHI, saya berfikir jika saya menguasi tentang hardware programming dengan JAVA, mungkin saya bisa mengembangkan aplikasi interfacing di operating sistem lain. Ini yang jarang, rata-rata semua aplikasi interfacing menggunakan OS windows, jika aplikasi yang saya kembangkan menggunakan bahasa JAVA, pengguna OS opensource pastinya sangat membutuhkan itu. Oleh karena itu, kami berniat tetap fokus pada pengembangan aplikasi yang berhubungan dengan hardware, namun tetap menggunakan JAVA sebagai bahasa pemogramannya.

